Cara yang paling ampuh untuk meningkatkan skor dari range 5.5 menuju 6.5 biasanya terletak kepada seberapa dalam kita membiasakan diri kita terhadap teks bahasa Inggris. Di sini saya tidak berbicara sembarang teks, namun teks autentik yang ada di dalam majalah, berita atau pun media massa pada umumnya. Kenapa? Karena pada media – media ini kita akan mendapatkan sensasi ekspos budaya tertinggi dari seorang native writer. Biasakanlah diri kita di dalam membaca teks yang ada di media media ini. Dari saya sendiri, berdasarkan pengalaman bertahun – tahun, majalah Reader’s Digest adalah pilihan yang paling tepat, jangan National Geography. Disini kita berbicara seseorang di dalam range skor 5.5 jadi Reader’s Digest adalah pilihan yang sangat tepat. Kalau bisa pilihlah yang edisi internasional karena bahasa Inggrisnya tidak dipenuhi istilah lokal yang terkadang justru mengaburkan arti jika kita tidak paham.

Selanjutnya, setelah kita sering membaca teks autentik, maka otak kita akan terbiasa untuk melihat bagaimanakah kata – kata di dalam teks tersebut di gabungkan menjadi sebuah kalimat. Untuk keperluan ini, anda bisa melakukan hal berikut:

1. Read for meaning

Ini adalah latihan yang penting dan biasanya kita tidak terlalu memperhatikan susunan struktur kata di dalam kalimat. Yang kita ambil adalah intisari dari maksud teks itu sendiri tanpa mempedulikan bagaimanakah sang penulis memproduksi kalimat yang ada.

2. Read to analyse

Kali ini ketika membaca, kita tidak mencari arti namun lebih kepada bagaimanakah kita memahami setiap komponen gramatikal di dalam pembentukan kalimat. Misal kita akan berhenti untuk berpikir ketika melihat kalimat, “The beauty of this place is remarkable”. Mengapakah penulis tidak menggunakan kata “beautiful”? apakah perbedaan antara “beautiful” dengan “beautifully”? dan apakah bedanya “remark” dan “remarkably”? Inilah yang saya katakan membaca untuk menganalisa.

Lakukanlah dua latihan ini dengan rutin setiap hari selama anda menjalani pelatihan IELTS. Berganti – gantilah topik yang anda baca mulai dari yang anda senangi sampai yang anda kurang begitu gemari. Dengan membaca lebih, maka kosakata anda dan kemampuan anda merangkai kata – kata di dalam kalimat akan semakin bertambah dan kaya.

Kegiatan ini juga bisa di tunjang dengan baik jika anda meluangkan waktu bahkan untuk mendengarkan podcast atau berita. Dengan anda aktif mendengarkan maka anda bisa lebih merasakan bagaimana penutur asli merangkai kata – kata di dalam sebuah kalimat. Walaupun bentuk oral berbeda dengan bentuk tulis, namun kegiatan mendengarkan ini akan bisa menajamkan intuisi anda di dalam memahami kebiasaan penutur asli di dalam mengungkapkan ide – ide mereka.

Jadi inilah 2 kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sehingga anda bisa mengekspos budaya penutur asli dengan lebih baik untuk menunjang skor IELTS anda. Berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun, siswa yang dengan rutin melakukan 2 kegiatan ini paling tidak 5 jam di dalam satu hari selama 2 bulan akan mengalami peningkatan skor sebanyak 1.5 – 2.0 poin.

Oleh Arius Nusantara

CBA dapat membantu anda meningkatkan skor Writing dengan baik. Banyak sekali metode yang bisa anda gunakan untuk menunjang peningkatan skor anda. Daftarkanlah diri anda segera!
Kami juga membuka kelas on line bagi anda yang tidak tinggal di kota Malang.

Share
Category
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *