Salam belajar! Kita berjumpa lagi dan sekarang, tetap di dalam seri cara – cara belajar efektif, saya akan membahas tentang pentingnya belajar kelompok.

Manusia adalah makhluk sosial dan untuk memenuhi kebutuhan kelangsungan hidupnya ia butuh berinteraksi dengan sesamanya. Manusia, secara sederhana, tidak bisa bertahan hidup sendirian dan akan selalu membutuhkan sesamanya. Hal ini juga tidak terkecuali anak – anak kita.

Mengapakah belajar kelompok adalah salah satu cara belajar yang efektif? Karena cara belajar ini mendorong anak – anak untuk mengembangkan banyak hal yang positif.

  1. Banyak kepala lebih baik daripada satu kepala

Sumber informasi akan menjadi sangat kaya jika berasal dari pikiran banyak individu. Jika beberapa anak berkumpul dan membicarakan tentang sesuatu topik yang diberikan oleh guru, maka informasi yang terkumpul akanlah jauh lebih banyak dibandingkan jika seorang diri. Hal ini karena masing – masing anak mengakses berbagai macam media yang berbeda – beda. Di dalam suatu kelompok belajar pastilah ada yang mendengarkan radio sebagian, membaca majalah sebagian, membaca artikel on line sebagian, melihat acara di televisi sebagian dan ada juga yang mungkin melihat artikel video di telepon genggam.

Dengan kayanya ragam informasi yang dikumpulkan oleh anak – anak, proses belajar kelompok akan menghasilkan peningkatan pemahaman anggota kelompok terhadap topik yang sedang di bicarakan.

  1. Teman adalah sumber dorongan untuk maju

Masih ingatkah kita senangnya berkumpul bersama dengan teman ketika belajar memanjat pohon, atau belajar naik sepeda? Ketika kita gagal, terjatuh dari sepeda, berdarah serta menangis namun oleh karena teman – teman kita dengan cepat menolong dan memberi semangat untuk mencoba kembali, akhirnya kita pun mencoba lagi sampai berhasil?

Ya, itulah penting dan fungsinya belajar kelompok, kita tidak akan di biarkan sendirian ketika kita gagal di dalam memahami sebuah pelajaran sekolah. Karena belajar di dalam satu kelompok, maka jiwa kebersamaan terbentuk dan akhirnya masing – masing anggota kelompok akan saling membantu dan memberi semangat. Suasana belajar yang sangat positif ini tentu saja akan memberikan dorongan untuk maju bagi anggotanya.

  1. Teman memberikan kita rasa percaya diri

Di dalam perjuangan kita untuk menyelesaikan jenjang pendidikan, ada banyak kali kita akan menemui tantangan dan kegagalan. Di kala ketika sekolah menjadi tempat yang asing dan tidak menyenangkan, teman adalah salah satu obat mujarab yang bisa membuat kita bertahan dan melanjutkan perjalanan pendidikan kita, mengapa? Karena teman memberikan kepada kita rasa percaya diri.

Dukungan yang diberikan bisa mulai dari perhatian, keinginan untuk mendengar serta memberikan nasehat dan bimbingan. Hal – hal yang seperti ini tentu saja membuat kita ingat kembali akan kekuatan yang kita miliki dan langkah – langkah yang bisa dan mampu kita lakukan.

  1. Kemampuan teman kita menunjukkan kemampuan kita

Dengan belajar kelompok, kita akan bisa melihat kemampuan teman kita dan sekaligus kemampuan kita sendiri. Contoh ketika kita bergabung dengan sebuah kelompok belajar, kita akan mengetahui kemampuan akademis kita. Dengan berbekal pengetahuan ini, kita akhirnya bisa mendapatkan dorongan untuk terus belajar dan berusaha.

Tanpa adanya belajar kelompok kita tidak akan mengetahui dengan pasti kedudukan kemampuan kita jika di bandingkan dengan teman – teman kita.

Kelompok belajar yang dianggotai oleh anak – anak yang cemerlang tentu saja akan membentuk pribadi – pribadi yang sama di dalam kehidupan masing – masing anggotanya.

Demikianlah artikel kita kali ini, jika anda ingin berkonsultasi lebih jauh tentang produk dan layanan kami yang berhubungan dengan bimbingan belajar dan homeschooling, anda bisa menghubungi kami.

Cendekia Bina Aksara

http://bit.ly/CBAOffice

Share
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *