Yang pertama – tama adalah karena kita hidup di Indonesia yang kebanyakan menggunakan TOEFL sebagai standard tes masuk ke perguruan tinggi dan bahkan perusahaan.

Mulai dari tahun 1990 an sampai 2019, tiga dekade, saya menyaksikan bagaimana TOEFL menjadi semakin terkenal. Hampir semua kampus yang saya temui, selalu mensyaratkan tes TOEFL bagi calon mahasiswanya. Belum lagi instansi perbankan dan perusahaan yang juga menghendaki tes TOEFL untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris stafnya.

Jadi dengan jelas tes TOEFL menjadi lebih unggul oleh karena banyak digunakan di lembaga – lembaga formal dan bahkan non formal.

Yang kedua, adalah karena masalah kebiasaan saja. Masyarakat Indonesia itu  lebih familiar dengan aksen Amerika Utara oleh karena banyaknya produk Amerika Serikat yang ada di Indonesia, mulai dari film, lagu, buku – buku dan sistem pendidikan.   Hal ini membuat tes TOEFL semakin di gemari karena aksennya cenderung lebih bisa diterima. Hal ini jauh berbeda dengan aksen British dan Aussie yang terdengar sangat asing di telinga kita.

Yang ketiga adalah terdapat 3 jenis tes TOEFL di masyarakat dengan pilihan harga mulai dari Rp. 250.000 saja sampai yang internasional yang bisa mencapai Rp. 3.500.000 bergantung kurs mata uang kita terhadap Dolar Amerika Serikat.

Ini artinya bahwa seseorang yang membutuhkan tes TOEFL tidak perlu untuk mengambil tes yang mahal jika kebutuhannya hanya menyertakan dokumen bahasa Inggris pelengkap. Untuk hal ini TOEFL prediksi saja sudah jauh dari cukup.

Jadi, paling tidak oleh karena tiga alasan ini, tes TOEFL menjadi lebih unggul dibandingkan IELTS!

Namun demikian, semakin besarnya pengaruh era global, maka mungkin trend ini akan bisa cepat berbalik dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun ke depan! Karenanya sudah sebaiknya kita pun mempersiapkan diri kita, terutama generasi berikutnya untuk bisa dan siap menerima aksen bahasa Inggris yang pada saat ini kurang bisa di terima, yaitu British dan Aussie.

Oleh Arius Jaya Putra Nusantara

Kami memiliki 8 kantor di kota Malang yang siap untuk melayani anda!

2 kantor pusat kami ada di Tasikmadu dan Purwantoro!

Kompleks Ruko City Inside

Kh. Yusuf Kav A – Tasikmadu

Perum Sulfat

Share
Category
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *