Di dalam artikel kali ini saya akan membahas 8 cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Speaking, khususnya bagi anda di dalam level pre dan intermediate. Untuk level di bawah pre intermediate akan saya bahas di dalam artikel yang berbeda.

Adapun cara – cara ini adalah strategi yang sudah kami terapkan selama bertahun – tahun, dan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan Speaking bahkan sampai lebih dari 100% jika dilakukan secara rutin!

  1. Biasakanlah diri anda mendengar materi berbahasa Inggris

Metode ini sangat penting sekali di dalam memberikan pondasi dasar bagi telinga kita untuk semakin terbuka terhadap kosakata yang luas. Oleh karenanya, saya menyarankan anda untuk mendengarkan berbagai macam materi yang berbeda mulai dari bidang yang anda senangi sampai yang kurang begitu anda senangi. Tentu saja, anda harus menyesuaikan dengan level pemahaman anda. Cobalah anda menuju website “News in levels” di www.newsinlevels.com. Ambil test penempatan untuk mengetahui level anda jika anda tidak mengetahui level anda saat ini. Setelahnya mulailah mendengarkan berita yang di paparkan tanpa anda melihat teks yang di sediakan. Sambil mendengarkan cobalah anda menebak apakah kira – kira isi daripada berita yang sedang di paparkan.

Latihan ini akan meningkatkan kemampuan Listening anda, sekalian juga pemahaman anda tentang cara menggabungkan kata – kata di dalam konteks penutur asli.

  1. Bacalah berita yang sedang anda dengarkan

Cara yang berikutnya adalah lanjutan dari langkah pertama. Jika di dalam langkah sebelumnya anda hanya mendengarkan, sekarang setelah anda sudah selesai, lihatlah teks yang diberikan. Cobalah anda lihat apakah perkiraan anda tentang isi daripada berita tersebut sesuai dengan isi aslinya. Renungkanlah kesalahan yang mungkin anda lakukan di dalam menebak, dan juga kebenaran yang telah anda dapatkan. Ingatlah kata – kata yang mana anda tidak mengetahui arti atau cara pengucapannya. Ulang kembali audio yang ada dan lakukan langkah pertama sambil mengingat kata – kata yang tidak jelas. Setelahnya putar kembali audio sambil memperhatikan bagaimana setiap kata – kata yang ada diucapkan dan di hubungkan. Ini adalah latihan yang sangat penting bagi otak kita untuk memahami dan mengidentifikasi bagaimana penutur asli menghubungkan setiap kata yang ada.

  1. Membaca berita yang sedang anda pelajari

Sekarang sampailah kita pada langkah yang ketiga. Langkah ini berhubungan dengan pengucapan. Saat ini kita sudah mengetahui setiap kata di dalam berita dan kita juga memahami arti daripada berita yang sedang kita pelajari. Langkah berikutnya adalah kita mencoba untuk membaca berita tersebut dengan keras. Kita bisa melakukannya dengan tiga kecepatan yang berbeda, pelan, normal dan cepat. Untuk setiap kecepatan hendaklah kita merekam suara kita di dalam aplikasi recording handphone kita. Setiap kali selesai merekam, putarlah ulang suara anda dan telitilah apakah anda sudah benar di dalam mengucapkan setiap kata yang ada di berita yang sedang anda pelajari. Hal ini sangat penting untuk melatih koordinasi mata kita terhadap teks bacaan, dan otak kita di dalam mengingat susunan kata di dalam konteks penutur asli. Latihan ini akan memberikan otak kita suatu landasan bagi penyusunan kalimat di masa setelahnya.

  1. Menceritakan ulang berita yang sedang anda pelajari

Saat ini kita akan tetap menggunakan aplikasi recording di dalam handphone kita. Jika di dalam latihan yang sebelumnya kita berlatih mengucapkan, maka sekarang kita berlatih untuk menceritakan berita yang baru saja kita pelajari. Setelah anda selesai merekam, putarlah kembali rekaman anda dan perhatikanlah apakah anda sudah dengan baik menceritakan setiap poin yang penting di dalam berita yang anda pelajari. Jika belum, maka cobalah merekam kembali sampai anda telah mencakup semua poin yang harus anda sampaikan.

  1. Mendengarkan acara radio

Langkah yang berikutnya adalah memperkaya kosakata dan intuisi kita di dalam menceritakan sebuah kejadian dan berpendapat. Untuk ini kita harus banyak mendengarkan berita dan informasi di dalam bahasa Inggris. Jika level anda sudah berada di atas intermediate, maka anda sudah bisa beranjak kepada aplikasi radio TuneIn. Ini adalah aplikasi radio on line di mana anda bisa mengakses jutaan stasiun radio. Saran kami, anda bisa tuning ke beberapa stasiun berikut ini: 1. ABC Australia, 2. VOA, 3. KALW. Dengarkanlah berita dan berbagai macam program talkshow yang ada dan bukalah lebih jauh telinga kita dengan cara membiarkan acara radio tersebut mengalir di telinga kita sepanjang hari. Berdasarkan hasil observasi, siswa yang melakukan hal ini selama 1 bulan (frekuensi harian mencapai lebih dari 4 jam), kemampuan Speakingnya meningkat lebih dari 60%.

  1. Menyaksikan acara talkshow atau video ber subtitles bahasa Inggris

Perkayalah kosakata anda dengan menambah range program yang anda akses secara visual. Pilihlah berbagai macam talkshow berbahasa Inggris yang memiliki subtitle bahasa Inggris juga. Dengan melihat acara – acara semacam ini dan membaca subtitles yang ada, otak anda akan semakin cepat menerima dan mengingat semua proses penghubungan kata – kata yang ada. Setelahnya anda bisa mengulang langkah ke 4.

  1. Carilah teman bicara dari belahan dunia lain

Untuk melakukan ini, anda kami inginkan untuk kembali ke www.newsinlevels.com. Dari sana, masuklah ke menu SKYPE, dan ikutilah instruksi yang diberikan mulai dari memilih level anda, sampai memberikan pesan kepada lawan bicara. Setelahnya anda tinggal menunggu balasan yang diberikan lawan bicara yang telah anda pilih dan mulailah berbicara dengan mereka!

  1. Gunakan toll free number untuk berkomunikasi dengan instansi internasional

Sekarang anda sudah terbiasa untuk berbicara dengan orang di belahan dunia lain, dan juga pengucapan anda sudah sangat meningkat. Langkah yang terakhir adalah melakukan kontak langsung dengan perusahaan internasional. Untuk ini anda cukup mengumpulkan nomor telpon bebas pulsa yang bisa anda dapatkan lewat google. Ketiklah “toll free number” dan anda akan mendapatkan ratusan nomor telpon dari berbagai macam perusahaan internasional. Setelahnya anda telponlah bagian informasi dan mulailah menanyakan produk mereka! Selamat anda sudah berhasil meningkatkan kemampuan Speaking anda secara signifikan.

Oleh Arius Nusantara

Untuk mendapatkan dan merasakan strategi ini secara langsung, anda bisa mendaftarkan diri anda baik di kelas on line maupun on site kami.

Lakukanlah pendaftaran sekarang juga:

Via whatsapp: 089628132510

Via phone: 0341 4381555

Atau kunjungi kantor kami: Kami memiliki 8 kantor di kota Malang yang siap untuk melayani anda!

2 kantor pusat kami ada di Tasikmadu dan Purwantoro!

Kompleks Ruko City Inside

Kh. Yusuf Kav A – Tasikmadu

Perum Sulfat

Jln. Sulfat Agung X/40 – Purwantoro

 

 

 

 

Share
Category
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *