Sebelum kita memulai bahasan kita maka terlebih dahulu saya memberikan kisaran topik yang sering muncul pada tes IELTS. Topik – topik tersebut adalah

Sekarang langkah yang penting adalah mencari sumber informasi yang berisi topik – topik di atas, terutama topik yang kita tidak pahami.

Saya teringat kisah saya memimbing siswa saya yang memiliki skor pre test sekitar 3.5 dengan Speaking 3.0. Ia membutuhkan skor overall 5.5 dengan tidak boleh ada skor di bawah 5.0. Hal ini artinya adalah bahwa murid saya membutuhkan peningkatan Speaking paling sedikit 2.0 skor. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah.

Akhirnya saya memberikan tips yang selalu saya gunakan, terutama bagi siswa – siswi yang memiliki kendala Speaking oleh karena kurangnya pembiasaan lingkungan bahasa Inggris baik dari keluarga dan daerah asal mereka.

Langkah yang pertama adalah memberikan kepada siswa saya pembiasaan pendengaran bahasa Inggris melalui informasi audio dan tulis yang sesuai dengan levelnya. Untuk ini, saya menggunakan sebuah halaman internet favorit saya, www.newsinlevels.com. Pada halaman internet ini terdapat bacaan yang dilengkapi informasi audio dan tulis. Baiknya lagi bacaan ini memiliki berbagai macam topik yang sudah di kategorikan menjadi level Elementary, Intermediate and Advanced. Siswa saya tersebut memulai belajar kosakata dari awal (karena skor 3.0 itu adalah skor di level Upper Elementary) dengan cara membaca bacaan dan mendengarkannya.

Langkah yang kedua dilakukan ketika skor sudah di dalam kisaran 4.5 dan hal ini berhubungan dengan dua hal, aplikasi telpon genggam dan aplikasi perekam.

Setelah skor mencapai 4.5, maka kita bisa menggunakan materi yang lebih kompleks, yaitu informasi yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio KALW. Mengapa? Karena stasiun radio ini mencakup 3 stasiun radio besar; VOA, BBC, and ABC Australia. Dengan mendengarkan siaran radio ini, kita akan terbiasa mendengarkan 3 aksen bahasa Inggris yang natural, aksen Amerika Utara, British, dan Pasifik.

Dengan setiap hari paling tidak mendengarkan siaran radio selama 3 jam, maka anda bisa memiliki kosakata yang sangat kaya dan luas. Tidak hanya anda bisa mengetahui informasi di dalam topik – topik yang sedang anda pelajari, namun anda juga bisa mengetahui lebih banyak cara tentang bagaimana sebuah kalimat tersebut di bangun oleh serangkaian kata – kata individu.

Langkah yang terakhir adalah anda bisa menceritakan pendapat anda tentang sebuah penjelasan yang anda dengarkan di radio tersebut dengan menggunakan aplikasi perekam di telpon genggam anda. Caranya sangat mudah, ketika anda ingin menceritakan sesuatu, yang harus anda lakukan hanya memfokuskan diri kepada informasi yang anda sampaikan dan bukan kepada susunan gramatikal bahasa. Dengan ini anda akan merasa senang dan tidak tertekan. Lupakan akurasi bahasa dan utamakan kesenangan anda bercerita.

Semua langkah di atas tersebut berhasil menaikkan skor Speaking siswa saya dari 3.0 menjadi 5.5 dalam waktu kurang dari 6 bulan dengan intensitas kursus 3x/seminggu. Inilah juga hal yang sama yang terjadi kepada murid – murid kami, CBA, yang lainnya. Dan strategi ini pun juga bisa menaikkan skor SPEAKING yang ada di tes IELTS anda!

Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk menghubungi kami jika anda memiliki permasalahan di dalam IELTS anda.

Untuk menghubungi kami, anda bisa mengirimkan pesan W.A di nomor 081 555 19840.

Cendekia Bina Aksara

Kompleks Ruko City Inside
Kh. Yusuf Kav A
Tasikmadu

Kompleks Perumahan Sulfat
Jln. Sulfat Agung X/40
Purwantoro

Share
Category
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *