Manajemen waktu sebagai hal yang harus diketahui oleh siswa IELTS:

Di dalam artikel kali ini, saya akan membahas salah satu dari lima hal penting yang harus di ketahui oleh masing – masing siswa IELTS. Hal ini berhubungan dengan manajemen waktu.

Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang siswa IELTS. Bahkan hal ini sudah seharusnya menjadi bagian daripada proses belajar. Di tempat kami, CBA, siswa – siswi sudah di biasakan untuk berdisiplin dengan waktu. Mereka diajarkan bagaimana caranya mengatur waktu dengan ragam soal yang di dapatkan mulai dari ujian Listening, Reading, Writing dan juga Speaking.

Yang awal yang harus siswa ketahui adalah waktu yang diperlukan untuk mengerjakan masing – masing tes, Listening (40 menit), Reading (60 menit), Writing (60 menit), dan Speaking (15-20 menit). Ujian Listening ini hanya menyediakan waktu sebesar 10 menit saja bagi mereka untuk mentrasfer semua jawaban dari lembar pertanyaan ke lembar jawab. Maka mereka harus belajar untuk menulis “singkatan” pada lembar pertanyaan, misalnya frasa “go to cinema” akan di singkat menjadi “go 2 cnm”, atau “buses are full” menjadi “buses r full”.

Ujian Reading dilakukan tepat 60 menit untuk tiga bacaan dimana bacaan kedua lebih sulit dari bacaan pertama, dan bacaan ketiga lebih sulit dari bacaan kedua. Dengan melihat skema ini, maka siswa harus berlatih menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk bacaan pertama, 15 menit tepat untuk bacaan kedua, 20 menit untuk bacaan ketiga, dan 10 menit untuk review semua jawaban yang ada. Tentu saja hal ini harus dibiasakan. CBA menerapkan metode khusus untuk membantu siswa menghemat waktu pengerjaan soal. Temukan metode ini di dalam kelas persiapan IELTS kami.

Ujian Writing memakan waktu 60 menit, dengan 20 menit pada Task 1, dan 40 menit pada Task 2. Siswa di harapkan membagi waktu pada masing – masing task sebagai berikut; persiapan selama 3 menit untuk task 1, dan 5 menit untuk task 2. Masa pengerjaan adalah 5 menit untuk task 1, dan 15 menit untuk task 2. Proofreading dilakukan pada sisa waktu yang ada, sekitar 10 menit masing – masing task. Waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mereview ulang semua revisi yang telah dilakukan. Sekali lagi, CBA memiliki metode pengajaran yang khusus agar siswa bisa memenuhi semua disiplin waktu yang ada.

Yang terakhir adalah ujian Speaking, disini siswa di harapkan mengenal semua tipe pertanyaan dan cara menjawab agar frame waktu yang di berikan bisa dipenuhi secara efektif. Sesi pertama hanya ditempuh selama 5 menit, sesi kedua selama 5 menit dengan waktu presentasi hanya 2 menit, sedangkan sesi ketiga ditempuh dalam 5 menit.

Oleh Arius Nusantara

Untuk mengetahui rahasia dari 4 kunci yang lain, daftarkanlah diri anda kepada program “Persiapan IELTS” kami dan dapatkanlah hasil yang maksimal!

Tim pengajar kami akan memberikan pelayanan dan strategi tes yang maksimal kepada anda.

Lakukanlah pendaftaran sekarang juga:

Via whatsapp: 089628132510

Via phone: 0341 4381555

Atau kunjungi kantor kami: Kami memiliki 8 kantor di kota Malang yang siap untuk melayani anda!

2 kantor pusat kami ada di Tasikmadu dan Purwantoro!

Kompleks Ruko City Inside

Kh. Yusuf Kav A – Tasikmadu

Perum Sulfat

Jln. Sulfat Agung X/40 – Purwantoro

Share
Category
Tags
No Tag

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *